SS MUDA

Agar Sukses, Generasi Muda Wajib Berani Berpendapat

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 04 April 2019 | 20:02 WIB
Debora Comini perwakilan Unicef Indonesia saathadir di workshop suara surabaya muda batch 2. Foto: totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Debora Comini perwakilan Unicef untuk Indonesia, dalam kunjungannya di Suara Surabaya Media dengan antusias mengkampanyekan komitmen PBB yaitu Generation Unlimited yang mengajak kaum muda untuk bekerjasama dalam mengubah perekonomian dan negara menjadi lebih baik.

Debora Comini menyebutkan bahwa terdapat tiga pilar yang akan memastikan generasi baru atau generasi muda akan menjadi lebih baik di masa depan yaitu pendidikan, keterampilan, dan pemberdayaan.

"Tiga pilar itu sangat penting untuk dipahami, agar generasi muda punya kesempatan memiliki masa depan yang lebih bagus. Masa depan yang menjamin kesempatan untuk ikut berpartisipasi pada banyak aktivitas yang bermanfaat," terang Debora Comini Perwakilan Unicef untuk Indonesia.

Perubahan perekonomian yang begitu cepat menuntut keterampilan khusus yang semakin meningkat sehingga pendidikan dan pemberdayaan sangat diperlukan untuk menciptakan generasi muda yang nantinya mampu membawa perubahan ke arah yang positif.

Menurut Debora Comini untuk mewujudkan Generation Unlimited tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, sehingga dalam mewujudkan Generation Unlimited ini akan menggandeng berbagai macam sektor seperti sektor pemerintah, swasta, organisasi internasional maupun organisasi lokal, serta kaum muda untuk mencari jalan keluar terbaik untuk tiga tantangan utama; akses ke pendidikan usia menengah, penguasaan keterampilan kerja, dan pemberdayaan terutama bagi kaum perempuan.

Sebagai perwakilan Unicef untuk Indonesi, Debora Comini mengemukakan bahwa terdapat program-program yang akan di implementasikan dalam mendukung terlaksananya Generation Unlimited di Indonesia.

"Tidak ada lagi anak sekolah dasar yang harus putus sekolah karena masalah ekonomi maupun sosial, meningkatkan nutrisi dan gizi pada anak-anak untuk memastikan anak-anak dapat mengikuti rangkaian kegiatan sekolah dengan baik, meminimalisir anak-anak putus sekolah dengan menggalakan pendidikan wajib 9 tahun," kata Debora.

Unicef, lanjut Debora juga akan memprioritaskan kesehatan anak-anak dengan mendukung kegiatan imunisasi, hamil dini dan penikahan muda baik dari faktor dalam maupun luar juga akan menjadi fokus Unicef sehingga pemberdayaan kaum perempuan di Indonesia dapat lebih merata dan lebih baik lagi.

Debora berharap generasi muda dari Indonesia akan menjadi lebih baik dengan adanya program-program yang ditujukan untuk mendukung generasi muda dalam proses belajar, bekarya, mendapat kesehatan yang layak, mendapat pengakuan yang sama, dan masih banyak lagi karena Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi yang sangat besar terlihat dari bagaimana rasa bangga masyarakat terhadap negaranya sendiri, ditambah keuntungan demografi Indonesia yang jarang dimiliki oleh negara lain.

"Kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk bisa belajar apa saja, dalam rangka mendapatkan pengakuan yang sama. Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk mendukung masyarakatnya memajukan diri. Demografi Indonesia sangat membantu mewujudkan itu," pungkas Debora Comini saat hadir di workshop suara surabaya muda batch 2.(Siona/SMA NSA/SS Muda/tok/rst)
Editor: Restu Indah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.