SS MUDA

Pelajar SD-SMP dari 6 Kota Ikuti COSMIC 2019

Laporan Agustina Suminar | Minggu, 08 September 2019 | 17:11 WIB
Para pemenang ajang Olimpiade Competition of Science, Economic and Robotic (COSMIC) 2019, Sabtu (07/09/2019) yang diselenggarakan SMAN 2 Surabaya. Foto: Isal Suara Surabaya Muda
suarasurabaya.net - Siswa-siswi dari tingkat SD dan SMP beradu kemampuan di ajang Olimpiade Competition of Science, Economic and Robotic (COSMIC) 2019, Sabtu (7/9/2019). Mereka adalah pelajar yang berasal dari 6 kota yakni Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan.

Olimpiade ini diselenggarakan oleh OSIS SMA Negeri 2 Surabaya, yang menjadi ajang tahunan sebagai wujud apresisasi terhadap minat dan bakat siswa dalam bidang akademis, khususnya di bidang ekonomi dan sains.


Para peserta COSMIC 2019 saat registrasi ulang di SMAN 2 Surabaya. Foto: Isal Suara Surabaya Muda

Isal dari Suara Surabaya Muda melaporkan, COSMIC tahun ini mengangkat sebuah tema Erudite yang artinya kaum terpelajar. Harapannya, para pelajar yang ikut berpartisipasi ke dalam olimpiade COSMIC 2019 ini dapat menjadi kaum terpelajar untuk membanggakan sekolah mereka masing masing, yang nantinya mereka dapat membanggakan bangsa dan negara di kancah perlombaan yang lebih tinggi lagi.


Acara diawali dengan pembukaan yang disampaikan Tatik Kustini Kepala sekolah SMA Negeri 2 Surabaya. Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi OSIS SMA Negeri 2 Surabaya yang sudah bisa mengonsep sebuah event olimpiade COSMIC sedemikian rupa sehingga olimpiade ini dapat diikuti oleh 1000 peserta didik lebih dari 6 kota.


Tatik Kustini Kepala sekolah SMA Negeri 2 Surabaya. Foto: Isal Suara Surabaya Muda

Tak hanya itu, Tatik juga berpesan agar panitia dapat terus konsisten dalam mengonsep acara seperti ini, khususnya dalam mempublikasikan serta dalam mengembangkan cabang perlombaan yang akan diselenggarakan tahun depan.

Robotik adalah perlombaan yang dikhususkan untuk peserta tingkat SD. Sedangkan lima cabang perlombaan untuk para siswa SMP, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, Ilmu Pengetahuan Umum (IPU), dan Robotik. Sementara itu, jenis perlombaan untuk siswa SMA hanya bersifat intern, yakni hanya diikuti oleh siswa siswi SMA Negeri 2 Surabaya.


Para peserta Olimpiade COSMIC 2019 saat mengerjakan soal. Foto: Isal Suara Surabaya Muda

Kirana Pramudita selaku Ketua Panitia COSMIC 2019 mengatakan bahwa dirinya mengaku senang bisa mewujudkan COSMIC 2019 sesuai dengan tema dan tujuan yang telah di rancang sebelumnya.

"Karena pada dasarnya seluruh ajang olimpiade saintis inginnya menghasilkan anak-anak yang berkualitas, bermutu, dan menjadi anak-anak penerus bangsa yang terpelajar dan megharumkan nama bangsa," kata Kirana.(isl/tin/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.