SS MUDA

SS Muda Batch 3 Fokus Bahas Produksi Media Massa di Workshop Kedua

Laporan Agung Hari Baskoro | Jumat, 22 November 2019 | 19:50 WIB
Workshop pertama Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3, Sabtu (26/10/2019) yang digelar di Kantor Suara Surabaya Media. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Workshop kedua Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3 akan digelar di Kantor Suara Surabaya Media, Jalan Wonokitri Besar 40C, Surabaya, Sabtu (23/11/2019) besok.

SS Muda Batch 3 kali ini akan fokus belajar soal produksi media massa. Tetap dengan formasi SMAN 21, SMA Barunawati, SMA Trimurti, SMAK Prapanca 2, dan SMA Katolik Hendrikus, para pelajar dari sekolah tersebut akan belajar proses produksi radio, jurnalisme tulis, fotografi hingga televisi.

Beberapa pemateri andalan sudah disiapkan Suara Surabaya dan akan langsung berdiskusi dengan para pelajar ini. Salah satunya Kika jurnalis Kompas TV, Anton Fotografer Majalah SCG, Widya Savitri Penyiar Radio Suara Surabaya, dan Denza Perdana Reporter Suara Surabaya Media.

J. Totok Sumarno Koordinator Suara Surabaya Muda mengatakan, workshop kedua untuk SS Muda Batch 3 tetap komitmen untuk memberikan berbagai pengalaman dan penetahuan baru. Di Workshop pertama, mereka sudah belajar soal seluk beluk Suara Surabaya dan manajemennya.


"Barangkali para peserta sudah melihat dan menyaksikan sendiri, bagaimana misalnya sosok wartawan melakukan tugasnya. Tetapi mungkin mereka tidak mengetahui bagaimana sebuah peristiwa itu dilaporkan menjadi sebuah berita. Berita TV, berita radio, atau berita tulis untuk online maupun cetak. Termasuk juga bagaimana sebuah peristiwa itu bisa menjadi sebuah foto yang sarat pesan dan menyampaikan pesan kepada khalayaknya," ujar Totok pada Jumat (22/11/2019).

Acara semacam ini bukan yang pertama kali di Suara Surabaya. SS Muda merupakan program Suara Surabaya yang memberikan kesempatan kepada pelajar SMA untuk belajar dunia jurnalistik.

SS Muda batch 1 pertama kali dibentuk di awal tahun 2018 lalu. Awalnya ada 24 pelajar dari 4 sekolah di Surabaya. Lalu, pada akhir tahun 2018, pelajar dari 7 sekolah berbeda di Surabaya bergabung di SS Muda Batch 2. Selain workshop, mereka juga diajak untuk terlibat langsung dalam acara besar Suara Surabaya, salah satunya Jazz Traffic Festival. (bas/tin/ipg)
Editor: Iping Supingah



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.