SS MUDA

Workshop Kedua SS Muda, Menulis Harus Diimbangi dengan Membaca

Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 23 November 2019 | 15:37 WIB
Denza Perdana Reporter Suara Surabaya dalam workshop kedua Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3 di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Sabtu (23/11/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Menulis harus diimbangi dengan membaca. Ini disampaikan Denza Perdana Reporter Suara Surabaya dalam workshop kedua Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3 di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Sabtu (23/11/2019).

Ia menjelaskan, seorang jurnalis tidak boleh hanya menulis berita saja. Tapi juga membaca berita dari media massa lain dan sumber-sumber terkait. Denza menjelaskan, cara ini berguna untuk memperkaya pemahaman jurnalis pada isu yang akan ditulis.

Dalam workshop ini, Denza juga menekankan pentingnya verifikasi bagi jurnalis. Jurnalis harus mampu menjadi verifikator bagi informasi simpang siur yang ada pada masyarakat.

"Tugas wartawan memverifikasi. Jika ada kabar-kabar hoax di masyarakat," kata Denza saat mengisi materi di Workshop Kedua SS Muda Batch 3 pada Sabtu (23/11/2019).


Pada kesempatan ini, Denza juga memberikan pengetahuan dasar menulis berita sebagai panduan pelajar SS Muda. Ia mengajarkan mengenai struktur berita, keharusan memasukkan unsur 5W+1H pada berita, hingga kewajiban menjunjung tinggi fakta bagi wartawan.

Materi ini menjadi materi terakhir pada workshop kedua SS Muda Batch 3. Sebelumnya, para pelajar ini juga belajar proses produksi media massa lain, seperti radio, fotografi, dan televisi. (bas/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



Komentar Anda
Komentar 0
loading...

 
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.